RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
1.Identitas Sekolah
Satuan Pendidikan : SMK BUDI ARTI
Mata Pelajaran : Pendidikan Jasmani
Kesehatan dan Olahraga
Kelas/Semester : X / Genap
Pokok Bahasan : Lari Jarak Menengah
Sub Pokok Bahasan : Teknik Start, Lari Dan Memasuki Finish
Alokasi waktu : 2 x 45 menit
Pertemuan :
1 (satu)
2.Standar
Kompetensi
Mempraktikan
berbagai teknik dasar permainan dan olahraga, dan nilai-nilai yang terkandung
di dalamnya
3.Kompetensi Dasar
Mempraktikan ko mbinasi teknik da sar
salah satu permainan dan olah raga lanjutan dengan baik serta nilai kerjasama , toleransi , percaya diri, keberanian, menghargai lawan,bersedia berbagi tempat
dan peralatan *
4.Indikator
Pencapaian Kompetensi
1.
Melakukan teknik dasar start berdiri,
dengan benar
2.
Melakukan kombinasi teknik dasar start
berdiri, lari dan finish, dengan
benar
3.
Melakukan lomba lari jarak menengah
dengan peraturan yang dimodifikasi,
dengan benar
5.Tujuan
Pembelajaran
1.
Siswa dapat melakukan teknik dasar
start berdiri, dengan benar
2.
Siswa dapat melakukan kombinasi teknik
dasar start berdiri, lari dan finish, dengan
benar
3.
Siswa dapat melakukan lomba lari jarak
menengah dengan peraturan yang
dimodifikasi, dengan benar
6. Materi Pembelajaran
Lari jarak
Menengah
1.
Teknik dasar start berdiri
2.
Kombinasi
tehnik dasar strat, lari dan finish
3.
Lomba lari jarak pendek dengan
peraturan yang dimodifikasi untuk menanamkan nilai disiplin, percaya diri dan
kejujuran
7. Alokasi
Waktu Materi
No.
|
Materi
|
Waktu
|
1
|
Teknik Start berdiri
|
15 menit
|
2
|
Teknik start,lari dan finish
|
15 menit
|
3
|
Lomba lari dengan dimodifikasi
|
20 menit
|
8. Metode Pembelajaran
No.
|
Materi
|
Metode
|
1
|
Teknik Start berdiri
|
Demonstrasi
dan penugasan
|
2
|
Teknik start,lari dan finish
|
Demonstrasi
dan penugasan
|
3
|
Lomba lari dengan dimodifikasi
|
Latihan
dan penugasan
|
9. Kegiatan Pembelajaran
Pendahuluan
(10 Menit)
· Preparasi/persiapan
· Siswa di bariskan
· Mengabsen siswa
·
Pemanasan dan berdoa
·
Apresiasi tidak ada
· Motivasi
Menjelaskan manfaat dari lari jarak
menengah
Inti
Pembelajaran (70 Menit)
a. Eksplorasi (10 Menit)
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
1.
Memperaktekkan
teknik Start berdiri
2.
Mempraktekkan
Teknik start,lari dan finish
3.
Menjelaskan
cara lomba lari dengan peraturan modifikasi
b.
Elaborasi (50 Menit)
1.
Melakukan
teknik Start berdiri
2.
Melakukan teknik start,lari dan finish
3.
Gambar : start berdiri
c.
Konfirmasi (10 Menit)
·
Guru dan
peserta didik membuat kesimpulan dari seluruh proses pembelajaran yang telah
selesai
·
Guru membuat
penilaian terhadap keberhasilan proses pembelajaran secara transparan
·
Guru dan
peserta didik melakukan refleksi apa yang telah dicapai dan belum dicapai
sesuai dengan tujuan yang ditetapkan
Penutup Pembelajaran (10 Menit)
·
Motivasi
Memberikan Pujian kepada siswa yang sudah memahami materi
dan dorongan kepada siswa yang belum memahami materi
·
Preparasi
§
Memberikan kesempatan untuk bertanya
§
Memberi rangkuman
§
Memberi penjelasan singkat tentang
materi
§
Siswa melakukan pendinginan
§
Berdoa
10. Penilaian Pembelajaran
Penilaian dilaksanakan selama proses dan sesudah
pembelajaran
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
|
Aspek Psikomotor
· Melakukan
tehnik dasar strat, lari dan finish dengan koordinasi yang baik
· Melakukan
lomba lari dengan peraturan yang dimodifikasi
Aspek Kognitif
· Mengetahui
bentuk teknik dasar dasar start berdiri, lari dan finish dengan koordinasi
yang baik
Aspek Afektif
· Kerjasama, toleransi, percaya dini, keberanian,
menghargai lawan, bersedia berbagi tempat dan peralatan
|
Tes praktik
(Kinerja)
Tes tertulis
Tes
observasi
|
Tes Contoh Kinerja
Pilihan
ganda/uraian singkat
Lembar
observasi
|
Lakukan teknik start berdiri, lari
dan finish dengan koordinasi yang baik !
Pendaratan telapak kaki yang benar saat lari jarak
menengah, adalah .
Kerjasama,
toleransi, percaya dini, keberanian, menghargai lawan, bersedia berbagi
tempat dan peralatan
|
1. Teknik penilaian: - Tes unjuk kerja
(psikomotor):
Lakukan
teknik dasar lari jarak menengah
Keterangan:
Berikan penilaian terhadap kualitas
unjuk kerja peserta ujian, dengan rentang nilai antara 1 sampai dengan 4
Jumlah
skor yang diperoleh
Nilai =
----------------------------------------- X 100
Jumlah
skor maksimal
- Pengamatan sikap (afeksi): Lakukan teknik dasar lari jarak menengah
dengan peraturan yang telah dimodifikasi untuk menanamkan nilai kerjasama, toleransi, percaya diri,
keberanian, menghargai lawan, bersedia berbagi tempat dan peralatan
Keterangan:
Berikan tanda cek ( √ ) pada kolom yang
sudah disediakan, setiap peserta ujian menunjukkan atau menampilkan perilaku
yang diharapkan. Tiap perilaku yang di
cek ( √ ) memdapat nilai 1
Jumlah
skor yang diperoleh
Nilai =
----------------------------------------- X 100
Jumlah
skor maksimal
- Kuis/embedded
test (kognisi):
Jawab secara lisan atau peragakan
dengan baik, pertanyaan-pertanyaan mengenai konsep gerak dalam teknik dasar
lari jarak menengah
Keterangan:
Berikan penilaian terhadap kualitas
jawaban peserta ujian, dengan rentang nilai antara 1 sampai dengan 4
Jumlah
skor yang diperoleh
Nilai =
----------------------------------------- X 100
Jumlah
skor maksimal
-
Nilai akhir yang diperoleh siswa =
Nilai tes unjuk kerja + nilai
observasi + nilai kuis
|
2. Rubrik
Penilaian
RUBRIK PENILAIAN
UNJUK KERJA TEKNIK DASAR LARI JARAK MENENGAH
Aspek
Yang Dinilai
|
Kualitas Gerak
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
|
1. Gerakan
lengan diayun depan belakang beberapa senti meter di atas pinggang
2. Gerakan kaki tidak terlalu cepat
3. Pendaratan telapak kaki menggunakan
sisi bagian tengah telapak kaki
4. Posisi
badan agak condong ke depan
|
||||
JUMLAH
|
||||
JUMLAH
SKOR MAKSIMAL: 100
|
RUBRIK PENILAIAN
PERILAKU DALAM LARI JARAK MENENGAH
PERILAKU YANG DIHARAPKAN
|
CEK (√ )
|
1. Bekerja sama dengan teman dalam melakukan
kegiatan
|
|
2. Toleransi/menghargai lawan
|
|
3. Percaya diri/keberanian( bersungguh-sungguh
dalam bermain)
|
|
4. Bersedia berbagi tempat dan
peralatan
|
|
JUMLAH
|
|
JUMLAH SKOR MAKSIMAL
100
|
|
RUBRIK PENILAIAN
PEMAHAMAN
KONSEP LARI JARAK MENENGAH
Pertanyaan yang diajukan
|
Kualitas Jawaban
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
|
1. Bagaimana
pendaratan telapak kaki lari jarak menengah?
2. Bagaimana
posisi gerakan lengan yang benar pada saat melakukan lari jarak menengah?
3. Bagaimana
posisi badan yang benar pada saat melakukan lari jarakmenengah ?
|
||||
JUMLAH
|
||||
JUMLAH
SKOR MAKSIMAL: 100
|
11. Sumber Belajar
- Ruang terbuka yang datar dan aman
- Bendera start dan finish
- Buku teks
- Buku referensi, , Roji, Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan Kelas X
- Lembar Kerja Proses Belajar, Roji, Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan
Mengetahui Guru
Kepala Sekolah Mata
Pelajaran
(………………………………) (………………………………)
NIP. NIP.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar